Thursday, April 9, 2020

Antisipasi Penyebaran COVID-19 Sebelum Masuk Rumah

Bagaimana Tata Cara yang Aman Setelah dari Bepergian Sebelum Masuk Rumah


Kita tahu bahwa Pandemi Covid-19 yang sejak bulan Februari 2020 telah menghantui jutaan masyarakat Indonesia hingga kini terus meroket kasus pasien positif Corona Virus. Karenanya mari kita kuatkan tekad untuk menjaga Indonesia dari keterpurukan karena mewabahnya Covid-19 mulai dari diri sendiri dengan teknik putus rantai. Karena kita peduli keluarga, lingkungan, dan sesama marilah kita ketatkan jaga kebersihan mulai sekarang. Jika pada posting sebelumnya telah membahas kaidah Aman ketika berada di Tempat Kerja selama Pandemi Covid-19, Kali ini akan saya paparkan bagaimana kita waspada saat tiba di rumah dari bepergian. Simak gambar di bawah ini:

antisipasi, corona virus, covid 19, pencegahan, putus rantai, di rumah
Antisipasi Penyebaran Covid-19 Sepulang Bepergian


Pada Flyer pesan kesehatan di atas, tertera tata cara sebelum masuk rumah selama Pandemi Covid-19 berlangsung. Cara ini bertujuan jika ada kemungkinan virus Corona maka kita dapat segera memutuskan rantai penyebarannya sebelum terpapar kepada orang-orang yang kita sayangi di rumah. Berikut ulasannya:


  • Sterilisasi
Bila tiba di rumah setelah bepergian, segera parkir kendaraan (Motor, Mobil) jangan menyentuh apapun. Ambil Disinfectant serta Lap yang sudah disiapkan di depan rumah sebelumnya.  Jangan tanggalkan semua yang menempel pada diri anda seperti (Tas, Sendal, Kacamata, Jam Tangan dll). Pertama kali semprot tangan anda, telapak kaki,dan sendal. Lanjutkan semprot menyeluruh kendaraan anda hingga BAN kemudian Lap / Bilas. Setelah itu semprot aksesoris yang menempel pada diri anda (tas, kacamata, hp, dompet, kunci motor, jam tangan, dll) Segera setelah disemprot simpan dalam satu tempat misal tas yang sudah disemprot tadi. Kemudian lakukan semprot gagang pintu saat anda masuk rumah untuk menuju ke kamar mandi. Ingat jangan tempelkan diri anda pada benda apapun yang ada di dalam rumah. Langsung menuju ke kamar mandi untuk mandi sambil membawa disinfectant untuk menyemprot pintu-pintu yang kita buka menuju kamar mandi.
  • Mandi

Tanggalkan seluruh pakaian dan jangan diletakkan pada gantungan kamar mandi. Lebih baik langsung dimasukkan ember berisi air campur deterjen yang selalu kita siapkan di dalam kamar mandi juga. Setelah itu, cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun, kemudian mulai mandi bersih seperti biasannya dan jangan lupa selalu basuh rambut menggunakan sedikit shampo. Jika anda belum menyiapkan handuk mandi di kamar mandi sebelumnya, maka berpesanlah kepada keluarga anda jika anda mandi setelah bepergian, minta tolong untuk menyiapkan handuk setelah anda hampir selesai mandi. Jangan mengambil handuk sendiri sesaat akan mandi karena anda belum benar-benar bersih. Jika sudah selesai, anda boleh untuk makan, duduk, atau bercengkerama dengan keluarga tercinta di rumah.



Semoga bermanfaat, Salam Sehat






No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar...

News Update

ASAL MUASAL VIRUS COVID-19 MENJANGKITI MANUSIA

Hindari menyentuh Mata, Hidung dan Mulut Sebelum Mencuci Tangan Droplet (percikan) dari hidung dan/ mulut penderita ketika bersin ata...

Popular Last 7 Days